Thursday 20 August 2020

Misteri yang Sudah Terpecahkan


Sejak dulu , Tuhan itu adalah suatu misteri

Dia adalah sosok maha kuasa yang misterius

Namun puji Tuhan, sekarang misteri itu sudah terpecahkan

Bukan karena kuat manusia tentunya,

Namun karena Tuhan sendiri ingin menyatakan diriNya


Yohanes 1:18

Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah;

Tetapi Anak Tunggal Allah,

yang ada di pangkuan Bapa,

Dialah yang menyatakanNya


Yesus Kristus lah yang menyatakan Tuhan

Kalau kita mau mengenal Sang Agung Misterius itu = kenalilah Yesus Kristus

Bagaimana sih karakter Tuhan = karakter Yesus Kristus

Apa sih yang dilakukan Tuhan = lihat saja yang dilakukan Kristus

Apa sih kegemaran Tuhan = sama persis dengan kegemaran Yesus Kristus

Apa sih yang Tuhan benci = baca saja di Alkitab apa yang dibenci oleh Tuhan Yesus

Apa kegiatan yang Tuhan lakukan = amati saja kegiatan Tuhan Yesus saat Ia di dunia

Bagaimana cara Tuhan bertindak =  bagaimana Tuhan Yesus bertindak


Sejujurnya buat saya pribadi, butuh waktu yang cukup lama 

untuk memperbaharui pikiran saya dalam hal ini. 

karena saya merasa Yesus itu lebih friendly , lebih dekat , lebih terjangkau daripada pribadi Tuhan. 

Kalau bicara soal Tuhan, saya lebih gemetar gitu... 

Namun kalau bicara tentang Yesus, saya bisa berkata..

Yah... Dialah Tuhan yang mau menjadi sahabat saya

Dalam hal ini, mungkin saya seperti Filipus dalam Yohanes 14:8-10


Filipus minta supaya Tuhan Yesus memberikan pencerahan tentang siapa Allah Bapa itu.  

Filipus ingin Tuhan Yesus menjadi detektif yang memecahkan misteri itu. 

Bukankah pencerahan tentang Tuhan adalah sesuatu yang didambakan oleh setiap orang percaya ?

Dan inilah jawabah Tuhan Yesus kepada Filipus, 

dan juga kepada setiap orang yang rindu untuk mengenalNya dengan lebih dalam...


"Telah sekian lama Aku bersama sama kamu, Filipus

namun Engkau tidak mengenal Aku ?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;

bagaimana engkau berkata; Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa

dan Bapa di dalam Aku ? 

Apa yang Aku katakan kepadamu

tidak Aku katakan dari dalam diriKu sendiri

tetapi Bapa yang di dalam Aku,

Dialah yang melakukan pekerjaanNya. 


Misteri itu sudah terpecahkan

Tirai yang menghalangi kita dan Bapa, sudah dirobek oleh Tuhan Yesus

Tidak ada lagi penghalang, kita sudah mendapatkan akses

untuk menghadap Pribadi yang Maha Agung itu

Dan ketika kita melihatNya, dengan pikiran yang sudah diperbaharui

Barulah kita menyadari , 

bahwa Ia serupa dan sama dengan pribadi yang sudah menjadi sahabat agung kita

Yesus Kristus...


Thank you Jesus, for solving THE DIVINE MYSTERY

pic by Mads Schmidt Rasmussen on Unsplash.com






2 comments:

  1. Aku selalu inget Tirsa pernah bilang, Tuhan itu seperti seorang papa, Dia mau anak-anak-Nya bahagia, maka Dia provide semua kebutuhan kita yang align dengan hati-Nya. Thanks Tirsa buat tulisannya.

    ReplyDelete