Friday 22 July 2016

Curhat

CURHAT
1 Petrus 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu

Saya adalah orang yang hobi curhat. Hobi ini dimulai ketika saya duduk di sekolah menengah. Saya ikut kelompok remaja di gereja, dan di dalam kelompok ini saya diajarkan untuk being vulnerable and accountable kepada Tuhan dan sesama anggota kelompok.

Akhirnya saya malah lebih terfokus untuk vulnerable dan accountable kepada sesama anggota kelompok  daripada kepada Tuhan. Memang itu tidaklah salah, toh kita saling menjaga rahasia satu sama lain. Namun parahnya di kemudian hari, saya malah bablas, saya vulnerable kepada orang-orang yang kurang tepat.  

Inilah daftar kategori orang-orang yang kurang tepat untuk di-curhati.
1.      Anak-anak ( baik anak sendiri, anak orang lain, atau orang orang yang masih muda dan kurang matang ). Curhat kita bisa membebani anak anak yang mentalnya belum kuat.
2.      Lawan jenis terutama jika kita sudah menikah. Curhat bisa membuat hati kita berpaut dengan orang yang dicurhati. Ini membahayakan buat komitment pernikahan atau pertunangan kita.
3.      Orang yang baru kita kenal atau belum kita ketahui latar belakanganya. Pada intinya hati-hatilah untuk curhat karena rahasia yang kita bagikan dengan orang yang tidak tepat bisa jadi senjata makan tuan.

Jika ingin aman dan rahasia terjamin, psikolog, psikiater,konselor, pendeta, bisa menjadi piihan untuk curhat, karena mereka adalah profesional.  

Akhir-akhir ini, setelah beberapa kali makan asam garam dalam hal curhat, saya menyadari kebenaran Firman Tuhan dalam 1 Petrus 5:7. Tuhan ialah sumber yang paling baik untuk dicurhati. 

Mengapa ?
1.      Karena Tuhan adalah pencipta kita. Ia tahu apa yang terbaik buat kita.
2.      Karena Tuhan adalah pemelihara kita. Orang lain tidak memelihara kita. Tuhanlah sumber kehidupan.
3.      Karena curhat dengan Tuhan gratis. Bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja.
4.      Karena Tuhan Maha Kuasa untuk membantu kita dalam penyelesaian masalah. Manusia ada yang berkuasa , namun tentu tak sejago Tuhan.
5.      Karena Tuhan tidak akan menyalahgunakan curhat kita . Curhat  kita aman di tanganNya.
6.      Karena Tuhan mampu memberikan perubahan untuk sifat, karakter, dan perilaku kita yang kurang baik. Curhat dengan Tuhan akan membuat kita improve menjadi lebih baik.

Tak terhitung manfaat dan marifat yang akan kita dapatkan bila kita curhat dengan Tuhan. Kitab Mazmur 56:8 mengatakan ,” Sengsaraku Engkaulah yang menghitung hitung, air mataku Kautaruh dalam kirbatMu. Bukankah semuanya telah Kaudaftarkan?”

Orang lain mungkin mengosipkan, memandang rendah, mengkritik  sengsara kita secara diam-diam. Beberapa orang yang mentalnya tidak kuat bahkan jadi sakit maag karena kita curhati dengan sengsara kita. Namun Tuhan menghitung sengsara kita. Air mata yang kita curahkan ketika kita berdoa kepadaNya, tidak akan sia-sia. Tuhan akan menampungnya dalam kirbatNya.

Tuhan Yesus mampu mengubah air mentah untuk cuci kaki menjadi anggur mahal yang enak. Apakah anda beriman bahwa Ia akan mengubah air mata kita yang ditampung dalam kirbatNya untuk menjadi sesuatu yang luar biasa?

Silahkan dibuktikan sendiri !

No comments:

Post a Comment